Proses perkuliahan yang biasanya dilakukan di dalam kelas menjadi
salah satu hal biasa yang dilakukan oleh dosen. Hal tersebut pada
dasarnya tidak dapat dilepaskan dari metode pembelajaran yang
mensyaratkan bahwa proses perkuliahan memang sudah seharusnya
dilaksanakan di dalam sebuah kelas yang kondusif. Penyampaian materi
berupa teori-teori mata kuliah tertentu memang biasa disampaikan di
dalam kelas. Meskipun demikian, mahasiswa juga setidaknya memiliki
kesempatan yang lebih luas untuk mengeksplorasi ilmu pengetahuan tidak
hanya di dalam kelas, tetapi juga di luar kelas. Dengan kata lain,
mahasiswa bisa mendapatkan tambahan ilmu pengetahuan yang tidak sekedar
teoritis semata, tetapi juga bisa mendapatkan ilmu pengetahuan secara
praktis. Kondisi tersebut menjadi penting untuk mengombinasikan teori
yang didapatkan di kelas dengan praktik kehidupan sehari-hari di luar
kelas. Hal tersebut dilakukan mengingat tidak semua mahasiswa memiliki
keinginan untuk menjadi akademisi, tetapi juga praktisi.
Kuliah lapangan adalah salah satu alternatif metode yang bisa
digunakan dosen untuk mengombinasikan ilmu pengetahuan yang didapatkan
oleh mahasiswa. Adapun yang dimaksud dengan kuliah lapangan yaitu proses
perkuliahan yang biasanya dilakukan di dalam kelas kemudian
dilaksanakan di luar kelas. Aktivitas tersebut bisa dilaksanakan dengan
mengunjungi masyarakat, perusahaan, lembaga pemerintahan, dan lain
sebagainya yang berhubungan langsung dengan ilmu pengetahuan yang
diajarkan di dalam kelas. Kuliah lapangan tersebut pada dasarnya
memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk menyinkronkan antara teori
yang selama ini didapatkan di dalam kelas dengan praktik keilmuan yang
dilakukan di lapangan. Dengan demikian, mahasiswa dapat mengambil
refleksi atas apa yang telah mereka lihat di lapangan secara langsung.
Selanjutnya, metode kuliah lapangan yang biasanya dilakukan oleh
dosen erat kaitannya dengan karya ilmiah. Dengan kata lain, mahasiswa
nantinya akan diberikan tugas atau kewajiban untuk membuat karya ilmiah
berdasarkan hasil kuliah lapangan yang dilakukannya. Melalui kuliah
lapangan tersebut, banyak pelajaran berharga yang seharusnya bisa
didapatkan oleh mahasiswa yang selanjutnya dapat dijadikan inspirasi
untuk membuat karya ilmiah. Selain itu, mahasiswa juga dapat
berinteraksi langsung dengan lembaga atau masyarakat yang dikunjungi di
dalam kuliah lapangan tersebut. Kuliah lapangan tersebut tentu
diharapkan dapat menjadi selingan dari perkuliahan yang biasanya
dilakukan di dalam kelas. Metode ini pada dasarnya juga dapat
menghilangkan kepenatan atau kebosanan yang melanda mahasiswa ketika
perkuliahan harus selalu dilaksanakan di dalam kelas. Dengan adanya
kuliah lapangan tersebut, mahasiswa dapat belajar secara langsung kepada
para praktisi yang menggunakan ilmu pengetahuan sebagai dasar untuk
bekerja.
Setidaknya ada beberapa manfaat yang bisa diambil dari metode kuliah lapangan yang dilaksanakan oleh dosen dan mahasiswa. Pertama, mahasiswa
tidak hanya paham terhadap materi-materi perkuliahan yang berupa teori
semata, tetapi juga memahami materi-materi tersebut secara praktis. Hal
tersebut menjadi penting supaya mahasiswa nantinya tidak mengalami
keguncangan batin ketika harus berhadapan dengan dunia luar, khususnya
dunia kerja. Bagi mereka yang belajar di dalam bidang teknik, kesehatan,
dan ilmu praktis lainnya, kuliah lapangan menjadi hal yang biasa. Di
sisi lain, bagi mereka yang belajar di bidang ilmu sosial, kuliah
lapangan tentu menjadi tambahan materi yang cukup berharga dimana mereka
bisa memahami masyarakat secara langsung. Kedua, kuliah
lapangan dapat mendorong dosen dan mahasiswa untuk memiliki banyak
jaringan baru. Hal tersebut nantinya cukup berharga untuk karir
mahasiswa ataupun dosen yang bersangkutan. Jaringan tersebut tidak hanya
bermanfaat untuk bertukar pengetahuan, tetapi juga bermanfaat bagi
mahasiswa ketika harus berhadapan dengan dunia kerja.
Ketiga, kuliah lapangan bermanfaat untuk mendekatkan
mahasiswa dengan lembaga-lembaga praktisi yang menggunakan ilmu
pengetahuan sebagai basis untuk bekerja atau bertindak. Tidak hanya
berguna bagi pendekatan secara personal, kuliah lapangan tersebut juga
menjadi sarana untuk memberikan edukasi kepada mahasiswa secara nyata.
Oleh karena itu, mahasiswa bisa secara langsung mempraktikan teori-teori
yang selama proses perkuliahan disampaikan di dalam kelas. Keempat, kuliah
lapangan bisa dijadikan dosen dan mahasiswa sebagai bahan inspirasi
dalam membuat karya ilmiah. Banyak hal-hal baru yang seharusnya bisa
didapatkan dosen dan mahasiswa ketika melaksanakan kuliah lapangan. Oleh
karena itu, fenomena-fenomena baru yang ditemui dapat dijadikan
inspirasi baru dalam rangka memberikan kontribusi nyata kepada dunia
pendidikan melalui pembuatan karya ilmiah.
(Bastian W.)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Jika sobat ingin berkomentar di blog ini maka :
1. Tidak boleh menautkan link aktif, gunakan Name/URL saja
2. Berkomentar dengan SOPAN dan tidak menyinggung orang lain
3. Dilarang keras untuk "SPAM"
4. Berkomentar sesuai topik yang dibaca, tidak boleh OOT