<< Assalamu'alaikum, Selamat datang di blog Muhammad Tamlikha, silakan tinggalkan jejak.. >>

Selasa

LEVEL-LEVEL KOMUNIKASI


Perilaku komunikasi dalam tataran ilmu komunikasi dapat dibagi ke dalam beberapa bagian sesuai dengan konteks perilaku komunikasi tersebut.
a.       Komunikasi Intrapribadi (intrapersonal communication)
Komunikasi ini merupakan level komunikasi yang terjadi dalam diri seseorang. Riswadi menjabarkan komunikasi intrapersonal sebagai proses komunikasi yang terjadi dalam diri seseorang, berupa pengolahan informasi melalui pacaindra dan syaraf.
Contohnya, berfikir, merenung, menggambar, menulis sesuatu, dll.
b.      Komunikasi Antarpribadi (interpersonal communication)
Komunikasi antarpribadi merupakan komunikasi yang berlangsung secara langsung. Menurut Mulyana komunikasi yang terjadi antara orang-orang secara tatap muka yang memungkinkan setiap pesertanya menangkap reaksi orang lain secara langsung baik secara verbal maupun verbal. Namun konsep tatap muka saat ini dapat dikatakan kurang tepat lagi karena komunikasi antar pribadi dapat dilaksanakan oleh orang-orang yang tebentang puluhan atau bahkan ratusan kilo meter dengan menggunakan alat komunikasi seperti handphone, chating yang dilengkapi webcam.
Contohnya, percakapan tatap muka, korespondasi, percakapan melalui telepon.
c.       Komunikasi Kelompok (small group communication)
Komunikasi kelompok kecil merupakan komunikasi yang terjadi pada kumpulan orang, tiga orang atau lebih namun masih dalam lingkupjumlah orang yang tidak besar.
Contohnya, berbicara antara ayah, ibu, anak dalam keluarga.
d.      Komunikasi Antar Kelompok/Asosiasi
Komunikasi yang berlangsung antara suatu kelompok lainnya. Jumlah perilaku yang terlibat boleh jadi hanya dua atau beberapa orang, tetapi masing-masing membawa peran dan kedudukannya sebagai wakil dari kelompok/asosiasinya masing-masing.
e.       Komunikasi Organisasi (organizational communication)
Organisasi secara klasik yang di tinjau dari pandangan objektif oleh Pace dan Foules dijelaskan sebagai suatu wadah yang menampungorang-orang dalam organisasi yang berusaha menempati tujuan bersama-sama.

            Komunikasi dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu komunikasi yang bersumber dari atas ke bawah dan dari bawah ke atas. Komunikasi dari atas ke bawah merupakan komunikasi yang bersumber dari pegawai yang memiliki jabatan yang berorientasi tinggi kepada pegawai yang berorientasi lebih rendah, sedangkan komunikasi ke atas merupakan komunikasi yang bersumber dari pegawai yang berorientasi lebih rendah kepada pegawai yang berorientasi yang lebih tinggi. Jenis komunikasi secara vertikal cenderung bersifat formal yang berkaitan tentang pekerjaan, komunikasi horizontal komunikasi yang terjadi antara rekan-rekan kerja cenderung bersifat informal dan bahkan personal.

1 komentar:

Jika sobat ingin berkomentar di blog ini maka :
1. Tidak boleh menautkan link aktif, gunakan Name/URL saja
2. Berkomentar dengan SOPAN dan tidak menyinggung orang lain
3. Dilarang keras untuk "SPAM"
4. Berkomentar sesuai topik yang dibaca, tidak boleh OOT