<< Assalamu'alaikum, Selamat datang di blog Muhammad Tamlikha, silakan tinggalkan jejak.. >>

Selasa

KOMUNIKASI ORGANISASI DAN KOMUNIKASI MASSA


Komunikasi organisasi adalah pengiriman pesan dari penerima sebagai pesan organisasi di dalam kelompok formal maupun informasl dari suatu organisasi komunikasi. Formal adalah komikasi yang disetujui oleh organisasi itu sendiri dan sifatnya berorientasi kepentingan organisasi. Isinya berupa cara kerja di dalam organisasi, produktivitas dan berbagai pekerjaan yang harus dilakukan dalam organisasi.

Fungsi komunikasi dalam organisasi, yaitu:
1.      Fungsi informatif, yakni sebagai proses pemberian informasi secara lebih pasti dengan informasi yang lebih detail, lebih baik dan tepat waktu.
2.      Fungsi regulatif, fungsi ini berkaitan dengan peraturan-peraturan yang berlaku dalam organisasi.
3.      Fungsi persuasif, dalam mengatur organisasi, kekuasaan dan kewenangan tidak akan selalu membawa hasil sesuai dengan yang diharapkan. Jadi, dalam organisasi harus dilakukan persuasi atau pendekatan antara atasan dan bawahan agar terciptanya kepercayaan.
4.      Fungsi integratif, setiap organisasi berusaha untuk menyediakan saluran yang memungkinkan karyawan apat melaksanakan tugas dan pekerjaan dengan baik.

Komunikasi massa adalah pesan yang dikomunikasikan melalui media massa pada sejumlah besar orang. Dalam arti yang luas, komunikasi massa adalah proses penyebarluasan suatu informasi melalui media massa (koran, majalah, televisi, radio, baliho dan lain-lain) kepada khalayak dengan maksud agar informasi dapat tersampaikan dengan baik dan dapat dipahami dan dimengerti.

Ciri-ciri komunikasi massa, yaitu:
1.      Bersifat tidak langsung, artinya informasi disampaikan melalui media massa seperti koran, majalah, televisi, radio, maupun media massa lainnya.
2.      Bersifat satu arah, artinya tidak ada interaksi secara langsung antara komunikator dan komunikan karena, komunikan hanya mendapat informasi melalui media massa, bukan dari komunikator secara langsung melalui tatap muka atau kontak langsung melalui tatap muka atau kontak langsung.
3.      Bersifat terbuka, artinya ditujukan kepada publik yang tidak terbatas.
4.      Bersifat meluas artinya memiliki publik secara meluas dan tersebar.

Efek komunikasi massa, menurut Steven H.Chaffee menyebut lima hal yang menjadi efek kehadiran media massa, yaitu:
1.      Efek ekonomi, membuka peluang usaha dan lapangan kerja
2.      Efek sosial, perubahan serta pembentukan interaksi sosial.
3.      Efek pada penjadwalan kegiatan.
4.      Efek pada penyaluran/penghilangan perasaan tertentu.
5.      Efek pada perasaan orang terhadap media.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Jika sobat ingin berkomentar di blog ini maka :
1. Tidak boleh menautkan link aktif, gunakan Name/URL saja
2. Berkomentar dengan SOPAN dan tidak menyinggung orang lain
3. Dilarang keras untuk "SPAM"
4. Berkomentar sesuai topik yang dibaca, tidak boleh OOT