Komunikasi organisasi adalah pengiriman pesan dari penerima sebagai
pesan organisasi di dalam kelompok formal maupun informasl dari suatu
organisasi komunikasi. Formal adalah komikasi yang disetujui oleh organisasi
itu sendiri dan sifatnya berorientasi kepentingan organisasi. Isinya berupa
cara kerja di dalam organisasi, produktivitas dan berbagai pekerjaan yang harus
dilakukan dalam organisasi.
Fungsi
komunikasi dalam organisasi, yaitu:
1.
Fungsi
informatif, yakni sebagai proses pemberian informasi secara lebih pasti dengan
informasi yang lebih detail, lebih baik dan tepat waktu.
2.
Fungsi
regulatif, fungsi ini berkaitan dengan peraturan-peraturan yang berlaku dalam
organisasi.
3.
Fungsi
persuasif, dalam mengatur organisasi, kekuasaan dan kewenangan tidak akan
selalu membawa hasil sesuai dengan yang diharapkan. Jadi, dalam organisasi
harus dilakukan persuasi atau pendekatan antara atasan dan bawahan agar
terciptanya kepercayaan.
4.
Fungsi
integratif, setiap organisasi berusaha untuk menyediakan saluran yang
memungkinkan karyawan apat melaksanakan tugas dan pekerjaan dengan baik.
Komunikasi massa adalah pesan yang dikomunikasikan melalui media
massa pada sejumlah besar orang. Dalam arti yang luas, komunikasi massa adalah
proses penyebarluasan suatu informasi melalui media massa (koran, majalah,
televisi, radio, baliho dan lain-lain) kepada khalayak dengan maksud agar
informasi dapat tersampaikan dengan baik dan dapat dipahami dan dimengerti.
Ciri-ciri
komunikasi massa, yaitu:
1.
Bersifat
tidak langsung, artinya informasi disampaikan melalui media massa seperti
koran, majalah, televisi, radio, maupun media massa lainnya.
2.
Bersifat
satu arah, artinya tidak ada interaksi secara langsung antara komunikator dan
komunikan karena, komunikan hanya mendapat informasi melalui media massa, bukan
dari komunikator secara langsung melalui tatap muka atau kontak langsung
melalui tatap muka atau kontak langsung.
3.
Bersifat
terbuka, artinya ditujukan kepada publik yang tidak terbatas.
4.
Bersifat
meluas artinya memiliki publik secara meluas dan tersebar.
Efek komunikasi massa, menurut Steven H.Chaffee menyebut lima hal
yang menjadi efek kehadiran media massa, yaitu:
1.
Efek
ekonomi, membuka peluang usaha dan lapangan kerja
2.
Efek
sosial, perubahan serta pembentukan interaksi sosial.
3.
Efek
pada penjadwalan kegiatan.
4.
Efek
pada penyaluran/penghilangan perasaan tertentu.
5.
Efek
pada perasaan orang terhadap media.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Jika sobat ingin berkomentar di blog ini maka :
1. Tidak boleh menautkan link aktif, gunakan Name/URL saja
2. Berkomentar dengan SOPAN dan tidak menyinggung orang lain
3. Dilarang keras untuk "SPAM"
4. Berkomentar sesuai topik yang dibaca, tidak boleh OOT